Friday, January 25, 2019

Tujuan, Manfaat dan Fungsi Media Pembelajaran


Menggunakan media dalam kegiatan belajar tentu bukanlah hal yang baru dalam dunia pendidikan. Telah banyak buku, artikel dan tulisan-tulisan yang membahas keharusan menggunakan media dalam pembelajaran. Hal itu membuktikan bahwa begitu besarnya peran media dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dan di zaman yang semakin maju, tentu sudah banyak tenaga pendidik yang telah menggunakan media, tetapi ada juga guru yang masih saja belum menggunakan media. Apakah karena tidak begitu tahu tentang media? Tujuannya? Manfaatnya? Fungsinya?. Padahal menggunakan media memiliki tujuan, manfaat dan fungsi yang dapat membantu guru mempermudah menyampaikan materi. Bagi pendidik yang belum terlalu mengetahui berbagai hal tentang media, semoga artikel ini bisa membantu. Untuk itu, atrikel ini akan membahas tentang tujuan, manfaat dan fungsi dari media. Berikut penjelasannya.

1. Tujuan Media Pembelajaran
    Penggunaan media dalam pembelajaran bukan bermaksud untuk mengganti cara mengajar yang telah ada, tetapi untuk memperlengkapi, menambah variasi mengajar dan membantu para pendidik dalam menyampaikan pesan atau informasi. Dengan adanya media dalam pembelajaran diharapkan supaya ada interaksi yang terjandi antara guru dan peserta didik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
   Tujuan media dalam pembelajaran adalah mencegah kemungkinan terjadinya verbalisme, yang artinya siswa hanya mengetahui tentang kata tanpa mengetahui makna yang terkandung dalam kata tersebut. Penyampaian materi yang hanya menggunakan bahasa menunjukkan bahwa pengetahuan akan semakin abstrak apabila hanya disampaikan melalui kata. Artinya bahwa media mempunyai tujuan yang baik dalam kegiatan belajar dan mencegah adanya verbalisme dalam kelas.

2. Manfaat Media Pembelajaran
Menggunakan media pembelajaran memiliki manfaat yang menjadikan peserta didik lebih aktif dan memiliki gairah untuk belajar. Menurut Trianto dalam bukunya Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, media memiliki manfaat sebagai berikut:
       a)   Bahan yang disajikan menjadi lebih jelas maknanya bagi siswa, dan tidak bersifat verbalistik;
       b)  Metode pembelajaran lebih bervariatif;
       c)   Siswa menjadi lebih aktif melakukan beragam kegiatan;
       d)  Pembelajaran lebih menarik; dan
       e)   Mengatasi keterbatasan ruang.

     Menggunakan media dalam pembelajaran memiliki manfaat yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan dengan adanya media sebagai alat bantu pengajaran, dapat membantu peserta didik untuk bisa lebih memahami apa yang dijelaskan oleh guru karena mereka bukan lagi membayangkan benda tertentu yang guru jelaskan tetapi dapat melihat langsung melalui berbagai media yang telah dirancang oleh guru.
     Di zaman yang serba canggih ini, guru seyogyanya memanfaatkan media yang ada di sekitarnya karena sebenarnya alam disekitar kita menyediakan berbagai macam media. Pendapat ini diperkuat oleh Andar Gultom dengan bukunya Strategi, Model dan Evaluasi yaitu, Proses pembelajaran modern di tengah masyarakat media akan menjemukan dan sering jika mengabaikan pemanfaatan media. Alam sekitar kita sesungguhnya menyediakan berbagai media yang dapat dipakai untuk pembelajaran yang kreatif langsung atau tidak langsung, yang dirancang untuk belajar maupun yang tidak dirancang namun dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan pencapaian kompetensi belajar.
     Dari pernyataan di atas, dapat dipelajari bahwa sebagai seorang pendidik seharusnya memiliki kreativitas dalam dirinya dengan cara memanfaatkan lingkungan dan alam sekitar, yang begitu banyak menyediakan bahan yang dapat menolong para pendidik dan dipakai dalam menyampaikan materi. Kreativitas itu bisa tumbuh di dalam diri seorang pendidik apabila mau mencoba dan menggunakannya.
    Selain beberapa manfaat di atas, ada beberapa manfaat lain dari menggunakan media pembelajaran yaitu, mengatasi berbagai keterbatasan siswa misalnya dengan menggunakan media maka, siswa dapat tertolong dalam melihat objek yang terlalu kecil seperti molekul, atom, sel dan bakteri. Selain itu dengan media dapat mengatasi keterbatasan ruang, misalkan guru hendak menjelaskan tentang bagian-bagian mobil, guru tidak mungkin membawa langsung mobil ke hadapan peserta didik, guru perlu alat bantu yang bisa menyederhanakannya, misalnya dengan gambar-gambar. Penjelasan tersebut menjelaskan bahwa media adalah salah satu bagian yang penting dalam pembelajaran yang dapat menyederhanakan benda yang amat besar ke dalam bentuk gambar dan lain sebagainya.
     Menggunakan media dalam pembelajaran juga dapat meningkatkan keinginan dan minat peserta didik, pengalaman menjadi semakin luas, persepsi semakin tajam, konsep-konsep dengan sendirinya semakin lengkap, serta keinginan dan minat untuk belajar selalu muncul. Untuk itu, guru seyogyanya mampu menggunakan media dalam pembelajaran karena memiliki banyak manfaat baik itu bagi guru maupun bagi peserta didik.

3. Fungsi Media Pembelajaran
Keberhasilan dalam belajar dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan media. Penggunaan media dalam pendidikan menjadi salah satu penentu keberhasilan belajar karena media memiliki banyak fungsi, salah satunya sebagai perantara, wadah atau penyambung pesan-pesan pembelajaran. Ada beberapa fungsi dari media pembelajaran yaitu menangkap suatu objek atau peristiwa tertentu dan memanipulasi keadaan, peristiwa, dan objek tertentu, berikut penjelasannya.

      a. Menangkap suatu objek atau peristiwa tertentu
Peristiwa atau objek penting yang langka dapat diabadikan melalui foto atau video kemudian disimpan dan digunakan jika diperlukan. Misalnya, peristiwa gerhana bulan atau matahari yang hanya terjadi beberapa tahun sekali atau proses perkembangan bayi dalam rahim dari mulai sel telur dibuahi hingga menjadi bayi. Bahkan guru menjelaskan peristiwa penting yang terjadi di bangsa Indonesia yaitu proklamsi, melalui tayangan film dan lain sebagainya.

     b. Memanipulasi keadaan, peristiwa dan objek tertentu
Melalui media pembelajaran, guru dapat menyajikan bahan pelajaran yang bersifat abstrak dan sulit dijelaskan dengan hanya menggunakan kata menjadi lebih mudah dan dapat dimengerti dengan baik. Misalnya untuk mempelajari bagaimana kehidupan makhluk hidup yang ada di dasar laut, tidaklah mungkin guru mengajak semua siswanya untuk menyelam ke dasar laut, atau untuk mempelajari cara kerja manusia, tidak mungkin guru membedah dan memperlihatkan bagaimana cara kerja jantung memompa darah. Semua itu sulit dijelaskan bila menggunakan kata-kata belaka, tetapi akan lebih mudah dijelaskan jika ada media sebagai alat bantu yang bisa mempermudah guru.
        Menurut Robinson Situmorang (2014:29-32) mengemukakan fungsi lain dari penggunaan media pembelajaran yang dapat diperoleh dari kemampuan yang dimiliki media itu sendiri, kemampuan tersebut diantaranya:
- Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak nampak oleh mata menjadi lebih besar.
- Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh ke hadapan peserta didik,
- Menyajikan peristiwa yang kompleks, rumit, berlangsung dengan cepat atau sangat lambat menjadi    lebih sistematis dan sederhana.
- Menyajikan benda atau peristiwa berbahaya ke hadapan peserta didik.
- Meningkatkan daya tarik pelajaran dan perhatian peserta didik.
- Meningkatkan sistematika pengajaran.

           c. Mengatasi Keterbatasan Ruangan
      Fungsi yang ketiga adalah mengatasi keterbatasan ruangan. Apa maksudnya? Misalnya guru hendak menjelaskan tentang bagian-bagian mobil, tidaklah mungkin guru membawa mobil masuk ke dalam kelas, disinilah media disebut sebagai alat bantu dengan menampilkan gambar-gambar mobil, video tentang mobil atau menggambarnya di papan tulis. Contoh yang lain adalah jika guru menjelaskan tentang ruang angkasa, tidak mungkin membawa semua murisnya ke luar angkasa untuk menjelaskan. Di sini media sangat membantu, misalnya dengan menyediakan gambar-gambar luar angkasa, planet-planet, dan lain sebagainya. Sekali lagi tujuan disediakannya media adalah untuk mempermudah guru dalam menjelaskan pembelajaran.

    Dari beberapa fungsi media pembelajaran di atas, bahwa fungsi media pembelajaran adalah mempermudah guru menyampaikan informasi dan mempermudah peserta didik untuk lebih memahami materi yang guru sampaikan. Mengapa harus memahami tujuan, manfaat dan fungsi media? Supaya apa yang diajarkan benar-benar tersampaikan kepada siswa dan dapat dipahami dengan baik.




[1]Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Prenada Media Group), 169
[2]Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif  (Jakarta: Kencana Prenada Media Group), 234
[3]Andar Gultom, Strategi, Model dan Evaluasi ((Bandung: Bina Media Informasi), 59
[4]Dadan Juanda dan Maulana, Ragam Model Pembelajaran (Sumedang: UPI Sumedang Press), 289
[5]Dadan Juanda dan Maulana, Ragam Model Pembelajaran, 288
[6]Dina Indriana, Ragam Alat Bantu Media Pengajaran (Jogjakarta: Diva Press), 46
[7]Robinson Situmorang dkk, Desain Pembelajaran (Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka), 29-32






No comments: