Friday, January 25, 2019

Kriteria Memilih Media Pembelajaran


Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media adalah bagaimana kriteria pemilihan media pembelajaran itu sendiri, mengingat prinsip media itu dipersiapkan, dibuat dan digunakan untuk mempermudah pengajar dalam upaya mengemas materi pembelajaran supaya menjadi praktis. Dalam hal ini, kualitas pembelajaran juga dipengaruhi oleh pemilihan media pembelajaran yang digunakan. Untuk mendapatkan pembelajaran yang berkualitas maka diperlukan pemilihan media pembelajaran tepat. Pemilihan media pembelajaran yang tepat berarti bahwa media yang digunakan tidaklah sia-sia jika digunakan.



Buku, Baca, Pelajaran, Sekolah Dasar, Ilustrasi
 a.      Ekonomis dan Praktis
            Di zaman yang semakin modern ini, media itu akan menjemukan apabila guru mengabaikan pemanfaatan media yang ada di sekitarnya. Karena sesungguhnya alam sekitar kita menyediakan berbagai macam media yang dapat digunakan dalam pembelajaran dan juga dapat memaksimalkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Alam sekitar kita dapat dimanfaatkan apabila di dalam diri guru terdapat kreativitas untuk dapat mengolah alam menjadi media atau alat bantu pembelajaran.
            Sependapat dengan Gultom, Syaiful Sagala juga mengatakan bahwa sebagai pendidik dalam bidang studi apa saja, ia harus mampu pula menggunakan lingkungan sekitar sebagai media belajar. Hal ini menunjukkan bahwa sebagai seorang guru dibutuhkan kreatif dalam memanfaatkan alam sekitar sebagai media pembelajaran. Karena guru dikatakan kreatif apabila menemukan masalah dalam mengajar, dia selalu mencari cara bagaimana agar proses belajar mencapai hasil sesuai dengan tujuan.
            Dari pernyataan di atas, penulis menyimpulkan bahwa guru hendaknya mampu memanfaatkan alam sekitar menjadi alat bantu dalam pembelajaran, selain praktis, harganya juga terjangkau.

 b.      Sesuai dengan Materi Pembelajaran
           Media yang digunakan dalam proses pembelajaran bukan hanya sebagai alat hiburan atau semata-mata dimanfaatkan untuk mempermudah guru menyampaikan materi, akan tetapi benar-benar untuk membantu siswa belajar sesuai dengan tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Untuk itu media yang akan digunakan oleh guru perlu disesuai dengan materi pembelajaran karena setiap materi memiliki kemudahan dan kesulitannya masing-masing. Contohnya untuk menjelaskan materi proses metamorfosis pada kupu-kupu, maka guru perlu mempersiapkan sebuah video atau gambar-gambar yang menjelaskan tentang proses metamorfosis pada kupu-kupu. Dengan demikian peserta didik bukan hanya bisa membayangkan tetapi bisa melihat langsung bagaimana proses metamorfosis kupu-kupu terjadi.

 c.       Sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasikannya
            Media memang dapat membantu dalam menyampaikan pesan kepada peserta didik dalam pembelajaran, karena peran media dalam pembelajaran adalah membantu guru mempermudah menyampaikan informasi atau pesan. Media akan membantu dengan maksimal apabila guru mampu mengoperasikan secara tepat dan benar. Media secanggih apapun tidak dapat menolong tanpa kemampuan teknis mengoperasikannya. Maka sebaiknya guru sebelum menggunakan media, terlebih dahulu mempelajari bagaimana mengoperasikan media yang akan digunakan dan memanfaatkan media tersebut, sehingga media dapat digunakan dengan efektif dan tidak sia-sia jika diterapkan. Mempelajari terlebih dahulu sangatlah membantu guru dalam mengoprasikan media.
            Untuk itu, guru perlu menyesuaikan kemampuannya dalam mengoperasikan media pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran, supaya ketika media itu dipakai dapat membantu dengan maksimal dan peserta didik juga dapat menangkap dan memahami materi melalui media yang guru sajikan.

 d.      Sesuai dengan minat, kebutuhan dan kondisi siswa
           Sebagai guru Pendidikan Agama Kristen seharusnya bisa lebih memahami kondisi setiap nara didiknya karena itu sangat penting dalam membantu siswa memahami materi pembelajaran. Dan yang perlu dimengerti bahwa masing-masing siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Siswa yang memiliki kemampuan mendengar yang kurang baik, akan kesulitan mengikuti pelajaran manakala guru menggunakan media audio. Demikian juga siswa yang penglihatannya kurang baik, akan kesulitan mengikuti pelajaran manakala guru menggunakan media visual. Untuk itu guru perlu memperhatikan setiap kemampuan siswa sehingga siswa dapat mengikuti setiap kegiatan dan memahami setiap materi dengan baik yang disampaikan oleh guru.
            Selain kriteria pemilihan media di atas, ada kriteria lain dalam memilih media pembelajaran yakni, sesuai dengan tujuan pembelajaran, sesuai dengan materi, karakteristik siswa, gaya belajar siswa (auditif, visual, kinestetik), lingkungan dan ketersediaan fasilitas pendukung. Guru perlu memahami dan menerapkan pemilihan media ini supaya ketika menggunakan media di dalam kelas sesuai dengan yang diharapkan, pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan minat peserta didik dapat meningkat. Hal tersebut menegaskan bahwa seorang pendidik seharusnya mengajar yang dapat meningkatkan minat peserta didik, dengan demikian kebutuhannya dalam hal belajar terpenuhi dan perlunya mengetahui kondisi dari setiap peserta didik supaya guru dapat mempersiapkan materi sesuai dengan minat, kebutuhan dan kondisi dari peserta didik.




[1]Andar Gultom, Strategi, Model dan Evaluasi ((Bandung: Bina Media Informasi), 59-60
[2]Cece Wijaya dan Tabrin Rusyan, Kemampuan dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar (Bandung: PT Remaja Rosdakarya), 189
[3]Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, 174
[4]Nizwardi Jalinus dan Ambiyar, Media dan Sumber Belajar (Bandung: Kencana), 18