Yang perlu diperhatikan
dalam penggunaan media adalah bagaimana kriteria pemilihan media pembelajaran
itu sendiri, mengingat prinsip media itu dipersiapkan, dibuat dan digunakan
untuk mempermudah pengajar dalam upaya mengemas materi pembelajaran supaya
menjadi praktis. Dalam hal ini, kualitas pembelajaran juga dipengaruhi oleh
pemilihan media pembelajaran yang digunakan. Untuk mendapatkan pembelajaran
yang berkualitas maka diperlukan pemilihan media pembelajaran tepat. Pemilihan
media pembelajaran yang tepat berarti bahwa media yang digunakan tidaklah
sia-sia jika digunakan.
Di zaman yang semakin modern ini, media itu akan menjemukan apabila guru
mengabaikan pemanfaatan media yang ada di sekitarnya. Karena sesungguhnya alam
sekitar kita menyediakan berbagai macam media yang dapat digunakan dalam
pembelajaran dan juga dapat memaksimalkan tujuan-tujuan yang ingin
dicapai. Alam sekitar kita dapat dimanfaatkan apabila di dalam diri guru
terdapat kreativitas untuk dapat mengolah alam menjadi media atau alat bantu
pembelajaran.
Sependapat dengan Gultom, Syaiful Sagala juga mengatakan bahwa sebagai pendidik
dalam bidang studi apa saja, ia harus mampu pula menggunakan lingkungan sekitar
sebagai media belajar. Hal ini menunjukkan bahwa sebagai seorang guru
dibutuhkan kreatif dalam memanfaatkan alam sekitar sebagai media pembelajaran.
Karena guru dikatakan kreatif apabila menemukan masalah dalam mengajar, dia
selalu mencari cara bagaimana agar proses belajar mencapai hasil sesuai dengan
tujuan.
Dari pernyataan di atas, penulis menyimpulkan bahwa guru hendaknya mampu
memanfaatkan alam sekitar menjadi alat bantu dalam pembelajaran, selain
praktis, harganya juga terjangkau.
b. Sesuai
dengan Materi Pembelajaran
Media yang digunakan dalam proses pembelajaran bukan hanya sebagai alat hiburan
atau semata-mata dimanfaatkan untuk mempermudah guru menyampaikan materi, akan
tetapi benar-benar untuk membantu siswa belajar sesuai dengan tujuan-tujuan
yang ingin dicapai. Untuk itu media yang akan digunakan oleh guru perlu
disesuai dengan materi pembelajaran karena setiap materi memiliki kemudahan dan
kesulitannya masing-masing. Contohnya untuk menjelaskan materi proses
metamorfosis pada kupu-kupu, maka guru perlu mempersiapkan sebuah video atau
gambar-gambar yang menjelaskan tentang proses metamorfosis pada kupu-kupu.
Dengan demikian peserta didik bukan hanya bisa membayangkan tetapi bisa melihat
langsung bagaimana proses metamorfosis kupu-kupu terjadi.
c. Sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasikannya
Media memang dapat membantu dalam
menyampaikan pesan kepada peserta didik dalam pembelajaran, karena peran media
dalam pembelajaran adalah membantu guru mempermudah menyampaikan informasi atau
pesan. Media akan membantu dengan maksimal apabila guru mampu mengoperasikan
secara tepat dan benar. Media secanggih apapun tidak dapat menolong tanpa
kemampuan teknis mengoperasikannya. Maka sebaiknya guru sebelum menggunakan
media, terlebih dahulu mempelajari bagaimana mengoperasikan media yang akan
digunakan dan memanfaatkan media tersebut, sehingga media dapat digunakan
dengan efektif dan tidak sia-sia jika diterapkan. Mempelajari terlebih dahulu
sangatlah membantu guru dalam mengoprasikan media.
Untuk itu, guru perlu menyesuaikan kemampuannya dalam mengoperasikan media
pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran, supaya ketika media itu
dipakai dapat membantu dengan maksimal dan peserta didik juga dapat menangkap
dan memahami materi melalui media yang guru sajikan.
d. Sesuai dengan minat, kebutuhan dan kondisi siswa
Sebagai guru Pendidikan Agama Kristen
seharusnya bisa lebih memahami kondisi setiap nara didiknya karena itu sangat
penting dalam membantu siswa memahami materi pembelajaran. Dan yang perlu
dimengerti bahwa masing-masing siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam
menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Siswa yang memiliki kemampuan
mendengar yang kurang baik, akan kesulitan mengikuti pelajaran manakala guru
menggunakan media audio. Demikian juga siswa yang penglihatannya kurang baik,
akan kesulitan mengikuti pelajaran manakala guru menggunakan media visual.
Untuk itu guru perlu memperhatikan setiap kemampuan siswa sehingga siswa dapat
mengikuti setiap kegiatan dan memahami setiap materi dengan baik yang
disampaikan oleh guru.
Selain kriteria pemilihan media di atas, ada kriteria lain dalam memilih media
pembelajaran yakni, sesuai dengan tujuan pembelajaran, sesuai dengan materi,
karakteristik siswa, gaya belajar siswa (auditif, visual, kinestetik),
lingkungan dan ketersediaan fasilitas pendukung. Guru perlu memahami dan
menerapkan pemilihan media ini supaya ketika menggunakan media di dalam kelas
sesuai dengan yang diharapkan, pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan
minat peserta didik dapat meningkat. Hal tersebut menegaskan bahwa seorang
pendidik seharusnya mengajar yang dapat meningkatkan minat peserta didik,
dengan demikian kebutuhannya dalam hal belajar terpenuhi dan perlunya
mengetahui kondisi dari setiap peserta didik supaya guru dapat mempersiapkan
materi sesuai dengan minat, kebutuhan dan kondisi dari peserta didik.
[2]Cece
Wijaya dan Tabrin Rusyan, Kemampuan dasar Guru Dalam Proses Belajar
Mengajar (Bandung: PT Remaja Rosdakarya), 189
1 comment:
bagus
Post a Comment